Perkembangan internet berimplikasi pada pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian dan penjualan online dengan adanya e-commerce di Indonesia. Salah satu fitur dalam e-commerce adalah Tinjauan dan Penilaian Pelanggan Online (OCR) yang menyediakan penilaian barang dan jasa setelah pelanggan membeli suatu produk. Data survei menunjukkan konsumen takut barang tidak datang atau tidak cocok. OCR telah menjadi faktor dalam memengaruhi kepercayaan dan niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh OCR pada niat beli melalui kepercayaan konsumen yang berbelanja online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) -PLS (Partial Least Square) dengan 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t. Hasil mengungkapkan OCR mempengaruhi kepercayaan sebesar 0,903 atau 90,3% dan niat beli langsung sebesar 0,418 atau 41,8% dengan efektivitas belanja (PU1) sebagai indikator terbesar. Keyakinan pada Bunga Pembelian adalah 0,574 atau 57,4% dengan kondisi produk (IN1) sebagai indikator terbesar. OCR menuju Purchase Intention dengan keyakinan sebagai intervensi tidak langsung sebesar 0,518 atau 51,8% dengan indikator (EKS). Dapat disimpulkan bahwa konsumen dibantu untuk memilih produk saat berbelanja dengan OCR di Tokopedia. Konsumen percaya bahwa kondisi produk sesuai dengan informasi yang diberikan menyebabkan konsumen memiliki niat beli. Jelas bahwa konsumen akan menemukan lebih banyak informasi tentang produk di Tokopedia. Penelitian lebih lanjut dapat menambahkan variabel lain, objek lain, dan responden yang berbeda sehingga dapat menjadi perbandingan penelitian.
Kata kunci : OCRs, Beli, Konsumen, Kepercayaan, Manajemen, Onlineshop