PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERDADAP MINAT BELI PADA E- COMMERCE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS DI TOKOPEDIA)

ARGY NUR FIANDY

Informasi Dasar

20.04.3426
381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan internet berimplikasi pada pergeseran perilaku konsumen ke arah pembelian dan penjualan online dengan adanya e-commerce di Indonesia. Salah satu fitur dalam e-commerce adalah Tinjauan dan Penilaian Pelanggan Online (OCR) yang menyediakan penilaian barang dan jasa setelah pelanggan membeli suatu produk. Data survei menunjukkan konsumen takut barang tidak datang atau tidak cocok. OCR telah menjadi faktor dalam memengaruhi kepercayaan dan niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh OCR pada niat beli melalui kepercayaan konsumen yang berbelanja online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) -PLS (Partial Least Square) dengan 400 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t. Hasil mengungkapkan OCR mempengaruhi kepercayaan sebesar 0,903 atau 90,3% dan niat beli langsung sebesar 0,418 atau 41,8% dengan efektivitas belanja (PU1) sebagai indikator terbesar. Keyakinan pada Bunga Pembelian adalah 0,574 atau 57,4% dengan kondisi produk (IN1) sebagai indikator terbesar. OCR menuju Purchase Intention dengan keyakinan sebagai intervensi tidak langsung sebesar 0,518 atau 51,8% dengan indikator (EKS). Dapat disimpulkan bahwa konsumen dibantu untuk memilih produk saat berbelanja dengan OCR di Tokopedia. Konsumen percaya bahwa kondisi produk sesuai dengan informasi yang diberikan menyebabkan konsumen memiliki niat beli. Jelas bahwa konsumen akan menemukan lebih banyak informasi tentang produk di Tokopedia. Penelitian lebih lanjut dapat menambahkan variabel lain, objek lain, dan responden yang berbeda sehingga dapat menjadi perbandingan penelitian. Kata kunci : OCRs, Beli, Konsumen, Kepercayaan, Manajemen, Onlineshop

Subjek

E-COMMERCE
 

Katalog

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERDADAP MINAT BELI PADA E- COMMERCE DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS DI TOKOPEDIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARGY NUR FIANDY
Perorangan
CANDIWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini