Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah faktor apa yang mempengaruhi calon suksesor bisnis keluarga pada pedagang keringan di Pasar Cihaurgeulis kota Bandung. Permasalah tersebut didasari oleh hasil wawancara pra penelitian yang menunjukan hasil tingkat suksesi pada Pasar Cihaurgeulis tinggi, dimana dari 5 narasumber didapati keseluruhannya melanjutkan bisnis dari orang tua mereka. Selain itu pula didapati dari hasil wawancara 4 dari 5 orang narusumber menjawab faktor yang mempengaruhi mereka untuk melanjutkan bisnis keluarga adalah terkait attitude atau sikap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh attitude(X) suksesor bisnis keluarga terhadap successor commitment (Y).
Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan jenis pendekatan hubungan eksporatif. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, dengan jumlah responden sebanyak 51 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude (X) berpengaruh signifikan terhadap successor commitment (Y) karena nilai p-values < 0,05.
Kesimpulan pada penelitian ini, attitude memberikan pengaruh signifikan terhadap successor commitment pada pedagang keringan di Pasar Cihaurgeulis kota Bandung. Dengan pemahaman attitude yang masuk kedalam kategori sangat baik, dan pemahaman successor commitment yang masuk kedalam kategori baik. Dengan demikian diharapkan penelitian ini dapat menjawab terhadap kegunaan teoritis terkait organization commitment, serta kegunaan praktis khususnya bagi pedagang keringan di Pasar Cihaurgeulis kota Bandung dan umumnya para pelaku bisnis berbasid family business agar lebih bisa memahami dan menyiapkan calon penerus dari bisnis keluarga yang ada untuk meningkatkan kesiapan komitmen calon suksesor.
Kata Kunci : attitude, successor commitment, bisnis keluarga