Sistem Aplikasi Launcher Menggunakan Agent-Based Model Untuk Pengguna Lanjut Usia

GARY ANDERSEN

Informasi Dasar

19 kali
20.04.3456
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Smartphone telah menjadi alat komunikasi yang penting untuk orang yang lanjut usia untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman mereka. Orang lanjut usia umumnya dianggap sebagai techno- phobic (ketakutan pada teknologi), sehingga menimbulkan tantangan untuk mereka menggunakan smartphone. Selain itu smartphone tidak dirancang untuk memenuhi kebutuhan orang lanjut usia. Ini menghambat mereka untuk sepenuhnya memanfaatkan teknologi smartphone dengan baik.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Launcher smartphone untuk pengguna lanjut usia yang berusia 65 tahun keatas. Dengan menggunakan metode agent-based model dan dengan pengambilan sample dengan metode qualitatif, yaitu wawancara. Berdasarkan hasil dari wawancara dibangun sebuah model launcher yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna lansia. Pengujian dilakukan melalui experiment dari tiga buah task list yang dilakukan oleh responden pengguna lanjut usia yaitu panggilan suara, phonebook, dan menggunakan WhatsApp. Parameter keberhasilan dihitung berdasarkan waktu maksimal untuk menyelesaikan task list yang diberikan.

Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa keberhasilan responden menyelesaikan semua task dibawah waktu standar. Dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan pada setiap tugas adalah Tugas 1 yaitu 49 detik , Tugas 2 yaitu 61 detik, dan Tugas 3 yaitu 63 detik. Sehingga kesimpulan dari penelitian launcher smartphone dapat memenuhi kebutuhan pengguna lanjut usia.

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

Sistem Aplikasi Launcher Menggunakan Agent-Based Model Untuk Pengguna Lanjut Usia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GARY ANDERSEN
Perorangan
Dade Nurjanah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini