Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan konsep-konsep yang
mempengaruhi internasionalisasi UKM dinilai melalui penulusuran terhadap
jurnal-jurnal internasionalisasi UKM dalam publikasi internasional (Scopus)
selama 10 tahun terakhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuantitaif dan berdasarkan tujuannya adalah deskriptif. Penelusuran dan analisa
yang dilakukan dalam penelitian ini tergolong dalam kategori meta analisis. Studi
ini mengumpulkan data yang menurut Sugiyono (2018) adalah suatu cara untuk
mendapatkan data dan informasi dari buku, arsip, dokumen, penulisan numerik dan
gambar yang mampu mendukung tujuan penelitian. Alat analisa yang digunakan adalah perangkat lunak R versi R-3.5.2 dan paket bibliometrix versi 2.1.2. Pada tahap pengolahan data, penelitian ini akan
mengukur indikator-indikator bibliografi yang sudah ditetapkan menggunakan
perangkat tersebut dengan teknik analisa yang sesuai dengan fungsi-fungsi
bibliometrika.Penelitian ini memetakan 121 kata kunci penulis yang dikategorikan dalam
10 subjek sebagai konsep-konsep yang mempengaruhi internasionalisasi UKM
selama 1 dekade terakhir: (Mode Masuk (entry mode), modal manusia (human
capital), jaringan (networks), pengetahuan (knowledge), kognitif (cognitive),
operasi bisnis (business operation), lingkungan (environment), geografi
(geography), teknologi (technology) dan dimensi (dimensions)) dengan frekuensi
dan variasi kata kunci yang berbeda di dalamnya. Urutan subjek dengan jumlah
kemunculan tertinggi adalah dimensi (522), operasi bisnis (371) mode masuk (363),
geografi (208), pengetahuan (160), modal manusia (145), lingkungan(124) kognitif
(105), jaringan (75) dan teknologi (23). Ditemukan ruang-ruang perkembangan
bagi beberapa subjek, yaitu mode masuk, kognitif, jaringan, teknologi dan dimensi.
Khususnya, pada penelitian yang berkaitan dengan e-commerce sebagai mode
masuk dan saluran penjualan/pemasaran, market orientation dan effectuation
sebagai orientasi internasionalisasi dan keragaman aplikasi dari teori jaringan.
Kata Kunci: UKM, Internasionalisasi, Bibliometrika, Bibliometrix