PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SANG PISANG)

NINDITA FAJRIANI

Informasi Dasar

53 kali
20.04.3471
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan industri makanan dan minuman mulai menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional dan subsektor kuliner telah berkontribusi 41,4 %. Teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju dan berkembang termasuk dalam marketing, berdasarkan APJII jumlah pengguna internet di Indonesia 64,8% dan sebesar 56% pengguna media sosial. Melalui media sosial dapat memudahkan orang untuk berkomunikasi dan mencari informasi dan dapat menciptakan Electronic Word of Mouth (EWOM). Electronic word of mouth merupakan bentuk komunikasi pemasaran dan terjadi secara online atau jejaring sosial, salah satunya Twitter. Secara global, jumlah pengguna Twitter mengalami peningkatan 17%. Niat pembelian konsumen diakui sebagai efektivitas komunikasi Electronic Word of Mouth (EWOM) karena jumlah pengalaman konsumen mempengaruhi hasil dari sikap konsumen. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di media sosial Twitter terhadap minat beli konsumen pada produk Sang Pisang. Penelitian ini menggunakan sub variabel dari EWOM yaitu quality, quantity, credibility, dan sender’s expertise sebagai variabel independen, dan minat beli konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan deskriptif dan kausal. Peneliti menyebarkan kuesioner melalui google form dengan jumlah responden sebanyak 400 dengan kriteria responden yaitu followers Twitter @SangPisang2017 dan/atau kaesangp. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan tipe incidental sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) dan menguji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu EWOM (quality, quantity, dan credibility) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen. Sedangkan EWOM sender’s expertise tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen. Kata kunci: Electronic Word of Mouth (E-WOM), Quality, Quantity, Credibility, Sender’s Expertise, Media Sosial Twitter, Minat Beli Konsumen, Sang Pisang, SEM-PLS.

Subjek

SOCIAL MEDIA-MARKETING
 

Katalog

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SANG PISANG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NINDITA FAJRIANI
Perorangan
INDRAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini