Pengaruh Program Sales Promotion Flash Sale Oleh Tokopedia Terhadap Respon Konsumen

AHMAD GIFFARI

Informasi Dasar

188 kali
20.04.3538
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tokopedia menduduki peringkat enam sebagai situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia dan peringkat satu sebagai toko online yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Tokopedia merupakan toko online dengan strategi promosi yang cukup menarik. Tokopedia melakukan strategi promosi dengan membuat program sales promotion Flash Sale. Flash Sale merupakan program sales promotion yang di dalamnya menjual berbagai macam produk dengan harga yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program sales promotion Flash Sale oleh Tokopedia yang terdiri dari Hadiah, Kupon, Paket harga, Garansi produk, dan Harga mati terhadap respon konsumen dengan menggunakan model AISAS yang terdiri dari Attention, Interest, Search, Action, dan Share. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kausalitas dengan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 orang responden yang terdiri dari anak muda berusia 15-34 tahun yang berdomisili di kota Jakarta dan pernah melakukan transaksi setidaknya satu kali di program Flash Sale oleh Tokopedia tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh dari program sales promotion yang dilakukan Tokopedia terhadap respon konsumen. Hasil pengolahan data mengenai tanggapan responden terkait sales promotion Flash Sale (X) berada pada kategori tinggi, yakni 84,26%. Sedangkan hasil pengolahan data mengenai tanggapan responden terkait respon konsumen (Y) juga berada pada kategori tinggi, yakni 75,58%. Dari hasil pengujian analisis regresi linear sederhana didapati hasil sebesar 40.480 dan dari hasil analisis korelasi didapati hasil sebesar 0,008. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kegiatan sales promotion Flash Sale oleh Tokopedia terhadap Respon Konsumen.

Kata Kunci: Sales Promotion, Flash Sale, Respon Konsumen.

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

Pengaruh Program Sales Promotion Flash Sale Oleh Tokopedia Terhadap Respon Konsumen
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD GIFFARI
Perorangan
SYLVIE NURFEBIARANING
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini