Kegiatan berbelanja daring memudahkan kegiatan individu dalam memenuhi segala
kebutuhannya. Generasi milenial merupakan kalangan yang paling konsumtif dalam
berbelanja daring di Indonesia. Persaingan marketplace di Indonesia semakin sengit untuk
mememenangkan hati konsumen. Tokopedia merupakan marketplace asli Indonesia yang
gencar melakukan promosi dengan beragam komunikasi pemasaran seperti iklan dan
meggunakan brand ambassador guna menyampaikan pesan dan kampanye. Tokopedia
menghadirkan BTS yang merupakan salah satu boyband terkenal dari Korea Selatan sebagai
brand ambassador untuk menyampaikan kampanye dengan tajuk “#1Everyday”. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari brand ambassador terhadap brand
image Tokopedia dan seberapa besar pengaruh yang berkontribusi. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan mengambil sampel generasi milenial dengan
jumlah 100 responden yang memiliki rentang usia 25-34 tahun dan pernah berbelanja
melalui Tokopedia. Hasil teknik analisis deskriptif menunjukkan tanggapan responden
terhadap variabel brand ambassador sebesar 67% dan brand image sebesar 69%. Hasil
koefisen determinasi menunjukkan terdapat pengaruh brand ambassador sebesar 64,4%
terhadap brand image. Sebagian sisanya sebesar 35,6% dipengaruhi dari kontribusi variabel
lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata kunci: marketplace, brand ambassador, brand image