Nabiel Alfannur Ramadhan, 1601154186, 2015, Program Desain Komunikasi Visual konsentrasi Advertising Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom. Judul penelitian yang diangkat adalah Perancangan Promosi dan New Media Destinasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung.
Kampung Cai Ranca Upas merupakan objek pelesir yang berlokasi di Ciwidey, Kabupaten Bandung. Berdasarkan dari data yang diperoleh bahwa Kampung Cai Ranca Upas mengalami pertumbuhan jumlah pengunjung yang lamban akibat kurangnya kiat promosi, penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung sesuai dengan target PT. Perhutani selaku pengelola Kampung Cai Ranca Upas melalui perancangan promosi dan media baru serta memperkenalkan dan mempersuasi wisatawan agar berkunjung kembali ke Kampung Cai Ranca Upas. Metode penelitian ini menggunakan tipe kualitatif yaitu sebuah pendekatan secara alamiah mengenai gejala sosial dengan mendeskripsikannya secara terus menerus hingga tuntas. Penelitian ini menghasilkan sebuah TVC, promosi digital, serta beberapa promosi melalui media cetak seperti baliho dan brosur. Dengan tingginya persaingan antara wana wisata, kiat-kiat promosi kedepannya harus mengikuti era dari promosi dewasa ini. Promosi berperan penting untuk mempertahankan dan menghidupkan Kampung Cai Ranca Upas.
Kata Kunci: Promosi, Media Baru, Ranca Upas