ABSTRAK
Pendidikan merupakan ujung tombak kemajuan suatu bangsa karena pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, khususnya pendidikan menengah sangat ditentukan oleh kinerja guru karena guru mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah kompetensi karena kompetensi adalah karakteristik dasar yang dapat dihubungkan dengan peningkatan kinerja individu atau tim. Faktor lain yang juga memegang peranan penting dalam pelaksanaan kerja guru adalah motivasi karena motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk berperilaku ke arah tujuan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi, motivasi kerja serta kinerja guru SMK PGRI 1 Bandar Lampung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMK PGRI 1 Bandar Lampung. Landasan teori yang digunakan adalah kompetensi guru menurut PP 74 tahun 2008 Tentang Guru pasal 3 dan teori kebutuhan motivasi McClelland serta dimensi penilaian kinerja Bernardin dan Russel.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan studi kausal dengan menggunakan teknik analisis nilai jenjang dan path analysis. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK PGRI 1 Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi kerja serta kinerja guru SMK PGRI 1 Bandar Lampung berada dalam kategori tinggi, dimana secara kinerja guru SMK PGRI 1 Bandar Lampung dipengaruhi sebesar 51,9% oleh kompetensi dan motivasi kerja. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial kompetensi yang mempengaruhi kinerja sebesar 35,8% dan motivasi kerja memberikan pengaruh sebesar 39,1%.
Kata Kunci : Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kinerja