Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Piutang, Utang dan Pendapatan Menggunakan Metode Berbasis Akrual (Studi Kasus: Almalia Daycare and Preschool, Kab. Bandung)

ZAID MUHAMMAD RASID SAFARI

Informasi Dasar

42 kali
20.06.529
657
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Almalia Daycare and Preschool adalah lembaga pendidikan yang berdiri pada tanggal 29 Juni 2013 yang beralamat di Perumahan Permata Buah Batu Blok A1 kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Saat ini sistem informasi keuangan dan administrasi yang terkomputerisasi dianggap mampu mempermudah kegiatan manusia dan sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan yang banyak mengelola data administrasi dan keuangan sekolah setiap harinya. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di Almalia Daycare and Preschool, menyatakan bahwa data transaksi keuangan yang belum sesuai dengan standar akuntansi, karena pencatatanya masih menggunakan metode basis kas dan masih belum terkomputerisasi sepenuhnya beresiko buruk terhadap pengelolaan tagihan dan pembayaran untuk sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi akuntansi berbasis web dengan menggunakan perancangan Unified Modelling Language (UML) dan Entity Relational Diagram (ERD) dan dengan metode pengembangan sistem Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall sampai tahap pengujian. Implementasi menggunakan bahasa pemograman PHP dengan framework codeigniter serta menggunakan manajemen basis data Database Management System (DBMS) MySQL serta menggunakan metode pengujian Black Box Testing (BBT). Hasil dari penelitian dan implementasi ini berupa aplikasi berbasis web yang diharapkan mampu membantu seluruh aktivitas administrasi dan keuangan sekolah, dimulai dari pendaftaran calon siswa, kenaikan kelas siswa, pembuatan tagihan pendaftaran calon siswa, pembuatan tagihan siswa, pembuatan tagihan siswa lainnya, pembuatan tagihan daycare, kartu piutang siswa, daftar piutang siswa, pencatatan jurnal umum, buku besar, hingga terbentuknya laporan neraca. Selain itu aplikasi ini juga mampu untuk mengelola potongan biaya tagihan siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Berbasis Web, Tagihan Siswa, Codeigniter

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web Untuk Pencatatan Piutang, Utang dan Pendapatan Menggunakan Metode Berbasis Akrual (Studi Kasus: Almalia Daycare and Preschool, Kab. Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAID MUHAMMAD RASID SAFARI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini