Youtube merupakan salah satu media sosial yang paling sering digunakan oleh rumah produksi untuk melakukan promosi. Promosi utama yang dilakukan dalam bentuk movie trailers. Momen ini dimanfaatkan oleh oknum di luar rumah produksi untuk membuat dan melakukan publikasi video yang palsu. Sehingga penonton tertipu dengan adanya jebakan klik (clickbait). Semakin banyak pilihan movie trailers maka penonton semakin bingung untuk menentukan movie trailers yang asli. Fitur yang disediakan oleh youtube yaitu fitur like dan unlike tidak dapat menjadi patokan bahwa movie trailers tersebut asli atau palsu. Dengan memanfaatkan komentar yang terdapat pada movie trailers maka dapat dibuat klasifikasi yang dapat menentukan keaslian movie trailers tersebut. Hasil klasifikasi yang didapatkan bisa membantu penonton untuk mengetahui apakah movie trailers tersebut asli atau palsu sebelum mereka menonton. Pada penelitian ini digunakan Metode Multinomial Naïve Bayes untuk mengklasifikasi sentimen. Serta menggunakan model preprocessing, Bag-of-Words, IDF, DFD dan frequency based. Model sentiment classifier terbaik adalah model multinomial naïve bayes dengan menggunakan ekstraksi fitur bag of words tanpa menggunakan seleksi fitur mendapatkan akurasi sebesar 80,33%. Sistem klasifikasi keaslian movie trailers menggunakan rule based berhasil menentukan 23 dari 24 movie trailers. Dengan nilai akurasi sebesar 95,83% menggunakan rules 30%.
Kata kunci : youtube, clickbait, multinomial naïve bayes, klasifikasi, preprocessing.