PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA WEARABLE UNTUK SISTEM PEMANTAU MEDIS JARAK JAUH PADA FREKUENSI 2,4 GHZ

HASRI AINUN HARRIS

Informasi Dasar

21 kali
20.06.543
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Teknologi Biomedis pada zaman sekarang memegang peranan penting dalam pengembangan proses pengobatan dalam dunia medis. Pengaplikasiannya pada pemantau jarak jauh glukosa, endoskopi, dan simulasi otak dalam pada tubuh pasien merupakan bukti nyata. Perangkat yang disisipkan pada tubuh pasien berupa sensor, platform seperti Arduino atau Node MCU, serta modul wifi.

Sistem ini bertugas mentransmisikan data atau informasi secara nirkabel kepada dokter ketika menuju ruangan pasien. Pengiriman dilakukan melalui modul wifi referensi yaitu, ESP8266. Sehingga hal ini akan sangat membantu mengefisiensikan waktu memeriksa dan mendiagnosa. Namun, proses ini didukung oleh antena modul yang memiliki daya pancar yang tinggi. Sementara menurut referensi antena existing modul wifi ESP8266 memiliki gain 2,00 dBi yang berarti perlu ditingkatkan agar memiliki jarak jangkauan yang lebih jauh lagi.

Pada Proyek Akhir ini, dirancang dan direalisasikan antena wearable yang menggunakan patch rectangular dengan dimensi hasil optimasi 41,82 x 47,83 mm2 berbahan copper foil tape ketebalan 0,06 mm dan polyester sebagai substrat ketebalan 2,85 mm yang memiliki dimensi sama dengan ground plane yaitu 90 x 90 mm2.

Melalui penelitian ini, diperoleh hasil simulasi karakteristik wearable antenna yang memiliki return loss bernilai -13,89 dB, nilai VSWR 1.44, gain 6,953 dBi, direktivitas 7,931 dBi, efisiensi (?) -0,977 dB, dan nilai SAR 1,16 W/kg.

Kata Kunci: Wearable Antenna, Wifi, gain, SAR.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA WEARABLE UNTUK SISTEM PEMANTAU MEDIS JARAK JAUH PADA FREKUENSI 2,4 GHZ
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HASRI AINUN HARRIS
Perorangan
Radial Anwar, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini