Pengenalan Nama Produk pada Teks Ulasan Forum Online Menggunakan Hidden Markov Model dan Algoritma Viterbi

FADHILLAH PRAMADHAN ANHAR

Informasi Dasar

69 kali
20.04.3738
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini, forum-forum online sudah banyak bermunculan, terutama yang membahas tentang ulasan produk. Dari ulasan produk yang ditulis dapat diekstraksi beberapa informasi yang penting, salah satunya adalah penyebutan nama produk. Ekstraksi nama produk dalam sebuah teks memiliki beberapa manfaat, seperti market intelligence management, enterprise content management, dan lain-lain. Tetapi, karena teks ulasan biasanya berbentuk teks informal, maka variasi penyebutan untuk nama sebuah produk pun bermacam-macam, sehingga untuk mengekstrak nama produk dengan pencocokan yang benar-benar pasti ke daftar nama merek itu sangat sulit. Oleh karena itu, sistem pengenalan entitas nama produk/product named entity recognition (PRO NER) dibangun untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam membangun sistem PRO NER pada penelitian ini, digunakan metode Hidden Markov Model (HMM) dan algoritma Viterbi. Berdasarkan model HMM-Viterbi yang telah dibangun, diperoleh F1-score untuk masing-masing label merek (BRA), produk (PRO), dan tipe (TYP) sebesar 69.17%, 44.65%, dan 26.67%.

Kata kunci : NER, ekstraksi informasi, PRO NER, Hidden Markov Model, algoritma Viterbi

Subjek

Natural language processing
 

Katalog

Pengenalan Nama Produk pada Teks Ulasan Forum Online Menggunakan Hidden Markov Model dan Algoritma Viterbi
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILLAH PRAMADHAN ANHAR
Perorangan
Ade Romadhony, Niken Dwi W. C
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini