Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2013-2018)

SHAFIRA DWIYANTI

Informasi Dasar

20.04.3792
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Profitabilitas adalah rasio yang memaparkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba melalui segala kemampuan dan sumber daya yang dimilikinya, yaitu berasal dari kegiatan penjual, penggunaan aset, ataupun penggunaan modal. Kinerja yang baik akan ditunjukkan melalui keberhasilan manajemen dalam menghasilkan laba yang maksimal bagi perusahaan. Pengukuran rasio profitabilitas dapat dilakukan dengan membandingkan antara berbagai komponen yang ada di dalam laporan laba rugi dan neraca. Pengukuran dapat dilakukan untuk beberapa periode, bertujuan agar memonitor dan mengevaluasi tingkat perkembangan profitabilitas perusahaan dari waktu ke waktu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah, musyarakah dan pendapatan margin murabahah terhadap profitabilitas pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2013-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perbankan syariah yang terdaftar di Otorias Jasa Keuangan (OJK) tahun 2013-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 11 perbankan syariah dengan periode pengamatan selama 6 (enam) tahun sehingga di dapat 66 unit sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan pendapatan margin murabahah berpengaruh secara simultan terhadap profitabilitas. Sedangkan, secara parsial pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah berpengaruh positif terhadap profitabilitas, pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, dan pendapatan margin murabahah tidak berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Hasil penelitian ini diharpkan dapat digunakan bagi Bank Umum Syariah untuk memertimbangkan pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah yang berpengaruh dalam pencapaian laba agar dapat meminimalisasi penurunan dan peningkatan profitabilitas perbankan syariah.

Kata Kunci: Mudharabah, Murabahah, Musyarakah, Profitabilitas

Subjek

FINANCE-SHARIA
 

Katalog

Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2013-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHAFIRA DWIYANTI
Perorangan
Hendratno
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini