Pelatihan merupakan satu kegiatan sumber daya manusia yang penting untuk dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, baik bagi karyawan baru maupun karyawan lama, agar menghasilkan sumber daya manusia yang berdaya saing. Proses evaluasi merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan agar program pelatihan yang sudah dilaksanakan dan menghabiskan dana persuahaan yang bersar dapat menghasilkan suatu program yang memberikan manfaat bagi perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh dan efektifitas program pelatihan dengan menggunakan metode 4 level Kirkpatrick, yang terdiri dari level reaksi, learning, behavior, dan result. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Responden dalam penelitian ini adalah 108 peserta pelatihan pada suatu diklat perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan reaksi (reaction) dan pembelajaran (learning) berpengaruh signifikan terhadap perilaku (behavior). Hasil lainnya adalah Perilaku (behavior) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap hasil (result). Dengan demikian, maka untuk meningkatkan dampak pelatihan terhadap hasil, maka penyelenggara pelatihan harus memperhatikan hal-hal yang akan mempengaruhi reaksi, proses pembelajaran dan perilaku peserta.
Kata Kunci : Reaction, Learning, Behavior, Result