Pengaturan kecepatan pada prototipe Truk ini bertujuan untuk membantu penelitian dalam pengaturan kestabilan kecepatan sebuah benda bermuatan berat yang melaju pada jalan berkontur (menanjak) dengan mempertimbangkan berat muatan dan kecepatan dari prototipe. Tujuan dari penelitian ini didasari oleh banyaknya kasus kecelakaan kendaraan bermuatan berat seperti Truk yang kecepatannya tidak kuat saat menanjak. Prototipe Truk ini adalah alat yang digunakan untuk simulasi pengujian yang dibuat meyerupai bentuk kendaraan bermuatan berat seperti Truk yang dilengkapi oleh sensor MPU6050 dan sensor Optocoupler dengan menggunakan metode PID sebagai kontrolnya.
Dalam penelitian Tugas Akhir ini memiliki dua input yaitu berat muatan dan kemiringan jalan. Kedua input ini akan menghasilkan output berupa kecepatan. Setelah itu data akan diolah dan dijadikan Setpoint dalam Metode PID. Metode ini akan mengatur RPM berdasarkan hasil dari sensor Optocoupler agar stabil saat jalan di jalur yang mendatar dan menanjak dengan mengolah nilai PWM motor DC yang digunakan dan dikonversi ke RPM. Dalam Tugas Akhir ini dibuat sebuah prototipe truk dengan skenario pengujian melewati jalan berkontur dengan kemiringan yang digunakan adalah 15° dan 30° serta untuk berat muatan tambahan yang bervariasi. Dari hasil pengujian, dapat menunjukkan kestabilan sistem yang tercapai dalam waktu kurang lebih 1 detik, dan juga menghasilkan tangkat keakurasian data pada MPU6050 yang mencapai 89% dan untuk kesetabilan yang mencapai 65.27%.