ABSTRAK
Perkembangan teknologi telah membuat pergeseran perilaku berbelanja konsumen dari offline ke online di seluruh dunia termasuk Indonesia, salah satunya ditandai dengan pertumbuhan online shop yang sedang mengalami peningkatan yang signifikan. Banyaknya online shop yang bermunculan sudah menjadi pusat perhatian konsumen khususnya dikalangan wanita karena dapat menghemat waktu disamping itu dengan membaca berbagai review yang terdapat di media sosial dan website review. Konsumen memiliki keyakinan tersendiri untuk membeli produk tersebut atau tidak. Melihat fenomena yang ada maka dilakukan penelitian yang berhubungan dengan fenomena tersebut yaitu paid promote dan online consumer review serta menambahkan variabel lain yaitu kualitas produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh paid promote, kualitas produk dan online consumer review terhadap minat beli pada Tumbuh Lab. Tumbuh Lab dipilih karena online shop tersebut telah menggunakan jasa paid promote.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 300 responden yang merupakan konsumen dan followers Tumbuh Lab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan regresi linear berganda. Teknik sampling yang saya gunakan snowball sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel paid promote, kualitas produk, online consumer review dan minat beli berada pada kategori sangat baik. Hasil Uji F dan Uji T menunjukkan bahwa paid promote, kualitas produk dan online consumer review berpengaruh terhadap minat beli dan koefisien determinansi menunjukkan variabel paid promote, kualitas produk dan online consumer review berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli sebesar 32,1% dan 67,9% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Paid Promote, Kualitas Produk, Online Consumer Review, Minat Beli