ABSTRAK
Pentingnya penggunaan media sosial yang digunakan dalam pengelolaan sebuah kota menuju Smart City karena membutuhkan pelayanan informasi yang cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan. Media sosial telah mengubah cara orang di dunia menjalani kehidupannya, dari cara menyampaikan berita hingga cara berinteraksi dengan orang lain. Media sosial tersedia di mana-mana dan tidak dapat dihindari karena media sosial memiliki dampak kuat pada kehidupan saat ini. Fenomena penelitian ini adalah kepemimpinan pemerintah kota merupakan faktor penting dalam keberhasilan implementasi Smart City. Oleh karena itu, kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur Kota Jakarta sangat memengaruhi keberhasilan Jakarta Smart City.
Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui pemetaan penggunaan media sosial Instagram Gubernur Jakarta dalam mengkomunikasikan Jakarta Smart City berdasarkan hasil analisis konten Instagram milik Anies Baswedan.
Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan konten analisis menggunakan media Instagram @aniesbaswedan dari 10 Februari 2019 hingga 10 Februari 2020. Analisis ini menggunakan aplikasi Atlas.Ti,
Hasil penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa area prioritas Smart Economy, Smart People dan Smart Living adalah area yang paling dikomunikasikan.
Kata Kunci: Media Sosial, Smart City, Kepemimpinan, Pemetaan, Instagram,
Analisis Konten.