Jasa Titip (Jastip) merupakan layanan informal yang menawarkan bantuan kepada orang-orang yang ingin membeli sesuatu namun tidak dapat pergi langsung ke tempat yang menjual barang tersebut. Dalam bisnis jastip terdapat dua peran, yaitu Personal Shopper dan Requester. Personal Shopper adalah istilah untuk seseorang yang berprofesi menolong orang lain untuk berbelanja sesuai dengan yang mereka inginkan, sedangkan Requester adalah orang yang menitip belanja. Saat ini sebagian besar bisnis jastip dilakukan melalui Instagram, namun ditemukan adanya penipuan jastip melalui Instagram. Sebagai tanggapan untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dibangun sebuah sistem jastip berbasis website.
Salah satu penyedia layanan jastip berbasis website adalah Titip Masa yang dapat diakses melalui titipmasa.id, layanan yang ditawarkan Titip Masa sudah cukup baik dilengkapi sistem rekening bersama sehingga menimimalisasi adanya penipuan. Titip Masa sudah hadir sejak tahun 2019, namun jumlah pengguna Titip Masa masih sedikit, untuk mengetahui penyebabnya dilakukan usability testing menggunakan System Usability Scale (SUS). System Usability Scale (SUS) merupakan alat pengujian usability yang valid dan reliabel. Survei terdiri dari 10
pertanyaan, setiap pertanyaan memiliki 5 poin Likert sebagai tanggapan. Hasil dari usability testing tersebut menunjukkan nilai usability yang masih rendah, maka perlu dilakukan perbaikan user interface pada website titip masa yang sesuai dengan kondisi user guna meningkatkan nilai usability.
Salah satu metode desain yang bisa berfokus pada user adalah User Centered Design (UCD). User Centered Design merupakan sebuah metode yang menempatkan pengguna sebagai fokus utama pada proses pengembangan suatu produk sehingga menghilangkan ambiguitas dan mengembangkan produk sesuai kebutuhan pengguna. Setelah dilakukan perbaikan desain menggunakan metode user centered design, nilai usability mengalami peningkatan. Website Titip Masa memiliki nilai usability 64,5 yang berada pada grade C-, setelah dilakukan perbaikan mengalami peningkatan menjadi 82,5 dan berada pada grade A berdasarkan skor system usability scale (SUS).