PERANCANGAN KUALITAS LAYANAN BANKSAMPAH.ID MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

SHELLA PUTRI YOULANDASARI

Informasi Dasar

94 kali
20.04.3935
658.807
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

BankSampah.id merupakan aplikasi berbasis website yang bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional Bank Sampah. BankSampah.id mempunyai komitmen untuk menjaga kepercayaan dan memberikan kepuasan bagi user. Namun, BankSampah.id masih belum mampu memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan survei pendahuluan diperoleh beberapa keluhan user mengenai kualitas layanan website BankSampah.id. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk merumuskan rencana peningkatan kualitas layanan website BankSampah.id berdasarkan 22 true customer needs yang diperoleh dari penelitian sebelumnya yaitu ”Analisis kebutuhan pengguna aplikasi BankSampah.id menggunakan integrasi Web Usability dan Model Kano Kano (Studi Kasus Pada Pengelolaan BankSampah di Bandung)” menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari QFD adalah menerjemahkan kebutuhan pelanggan ke dalam karakteristik teknis layanan dengan mempertimbangkan kapabilitas BankSampah.id. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah QFD Iterasi Satu (House of Quality) untuk mengidentifikasi true customer needs yang digunakan untuk menentukan karakteristik teknis prioritas. Tahap kedua adalah QFD Iterasi Dua (Part Deployment) yaitu menentukan critical part prioritas berdasarkan karakteristik teknis prioritas. Pada tahapan QFD Iterasi Satu diperoleh 11 karakteristik teknis prioritas yang menjadi acuan untuk ke tahap selanjutnya yaitu QFD Iterasi Dua. Pada tahap QFD Iterasi Dua diperoleh 14 critical part prioritas guna untuk perencanaan perbaikan kualitas layanan website BankSampah.id Penyusunan rekomendasi berdasarkan pengolahan data, analisis dan brainstorming dengan pihak BankSampah.id serta melakukan Benchmarking terhadap kompetitor. Rekomendasi yang diusulkan untuk perbaikan kualitas layanan website BankSampah.id yaitu, pada tampilan website menggunakan 3 jenis huruf yaitu Dekorarif, Sans-Serif dan Serif animasi pada tampilan website menjadi 3 yaitu icon, teks dan foto, layout pada website menjadi 3 jenis yaitu menggunakan model Layout Alternating Index, Model Layout Left Index dan Model Top Index, penamabahan media tutorial yaitu menggunakan Youtube, Instagram dan Booklet, penambahan sistem keamanan yaitu menggunakan capta dan nomor hp, fitur pada website bertambah menjadi 4 fitur yaitu fitur bahasa, menu pencarian, peta dan karir, pada tampilan website bahasa yang digunakan menjadi 2 jenis yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris, waktu posting konten pukul 12.00 dan 17.00, menambahkan konten yang diposting yaitu kegiatan bank sampah, artikel bank sampah, berita bank sampah, menambahkan fitur filter dan sorting, menambahkan jumlah navigasi yang terdapat pada website menjadi 3 jenis yaitu gambar, teks dan icon, meningkatkan jumlah layanan customer service melalui media Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Line, Whatsapp, Email dan Call Center, admin bekerja dari pukul 07.00 - 17.00 WIB dan menambahkan varian login menggunakan Google, Facebook, Email, dan Nomor Hp.

Kata Kunci : BankSampah.id, House of Quality, Part Deployment, True Customer Needs, Quality Function Deployment.

Subjek

MARKETING RESEARCH
 

Katalog

PERANCANGAN KUALITAS LAYANAN BANKSAMPAH.ID MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHELLA PUTRI YOULANDASARI
Perorangan
Sari Wulandari, Boby Hera Sagita
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4FA3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEH4FD3 - RISET PEMASARAN
  • IEH4FC3 - STRATEGI PEMASARAN
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • IEI4Q3 - KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
  • IEI5H3 - RISET PEMASARAN
  • IEI5R3 - STRATEGI PEMASARAN
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini