Abstrak
Donat Patria merupakan salah satu usaha startup pembuatan donat skala rumahan yang berada di Jalan Raya Cibereum No 80, Bandung dan berdiri sejak awal tahun 2018. Donat Patria melakukan produksi donat sesuai dengan jumlah pesanan dari distributor dan hanya berperan sebagai produsen sehingga tidak melakukan penjualan kepada konsumen akhir. Lokasi yang sulit dijangkau oleh masyarakat luas mengakibatkan usaha ini tidak banyak diketahui, kondisi ini memungkinkan dikembangkannya usaha donat Patria. Melihat fakta tersebut, pemilik Donat Patria ingin melakukan pengembangan bisnisnya dengan membuka cafe di lokasi yang leih strategis yaitu di Jalan Lombok, Kota Bandung sebagai lokasi cafe Doria. Dengan pembukaan cafe ini memungkinkan usaha Donat Patria untuk melakukan rencana produksinya secara mandiri. Aspek pasar dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang berada di Kota Bandung dan dengan kecamatan yang berbeda. Responden yang menjadi target adalah responden berumur 15-39 tahun. Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan presentase pasar potensial sebesar 86%, pasar tersedia 98%, dan untuk pasar sasaran perusahaan membidik 0,8% dari pasar tersedia. Sedangkan untuk aspek teknis dan aspek finansial digunakan berdasarkan data sekunder dari berbagai sumber. Hasil perhitungan finansial didapatkan bahwa nilai NVP untuk periode 2020-2024 adalah Rp 229.258.502,00, presentase IRR sebesar 26,69%, dan PBP 4 tahun 6 bulan. IRR yang diperoleh lebih besar dari nilai MARR yaitu 9,95% dan NVP bernilai positif. Dari parameter tersebut, maka pembukaan Cafe Doria di Jalan Lombok, Kota Bandung dikatakan layak.
Kata Kunci: Analisis Kelayakan, NPV, IRR, PBP, Cafe Doria