PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MODUL HUMAN RESOURCE SUBMODUL RECRUITMENT BERBASIS ODOO DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) PADA PT. ARTDECO SEJAHTERA ABADI

FADHILAH AMANI ALAM AULIA

Informasi Dasar

20.04.3984
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Artdeco Sejahtera Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan jasa dan perdagangan umum. PT. Artdeco Sejahtera Abadi menyediakan layanan bisnis Jasa Pengelola SDM Profesional (outsourcing), Penyewaan Kendaraan Operasional Kantor, Building Management, dan Biro Perjalanan. Salah satu layanan bisnis yang paling banyak digunakan adalah Jasa Pengelola SDM Profesional (outsourcing). Hingga saat ini PT. Artdeco Sejahtera Abadi telah memiliki 3000 tenaga outsourcing yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan semakin berkembangnya layanan bisnis pengadaan tenaga outsourcing maka kebutuhan tenaga outsourcing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan semakin besar, maka dari itu tugas Unit Sumber Daya Manusia semakin berat, karena Unit Sumber Daya Manusia yang bertanggung jawab terhadap proses recruitment atau mencari calon tenaga outsourcing yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses recruitment tenaga outsourcing pada PT. Artdeco Sejahtera Abadi merupakan salah satu proses yang penting, maka dari itu sudah seharusnya proses recruitment tenaga outsourcing didukung dengan suatu sistem yang baik, sehingga proses recruitment tenaga outsourcing yang dilakukan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam menjalankan proses recruitment tenaga outsourcing, PT. Artdeco Sejahtera Abadi masih melakukannya secara konvensional. Hal tersebut menyebabkan proses penyampaian informasi menjadi kurang jelas, baik dalam internal perusahaan maupun dengan mitra kerja perusahaan, yang menyebabkan adanya pelamar dengan kualitas yang kurang sesuai dengan kebutuhan perusahaan terpilih. Proses recruitment tenaga outsourcing yang masih secara konvensional juga menyebabkan data-data yang terkait dengan proses recruitment tidak tersimpan dalam satu sistem, yang menyebabkan perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memeriksa dan menganalisis dokumen serta untuk menentukan pelamar yang diterima atau tidak. Masalah selanjutnya adalah belum adanya sistem yang terintegrasi menyebabkan Unit Sumber Daya Manusia tidak bisa melakukan integrasi untuk pendataan proses recruitment tenaga outsourcing ke pelatihan dan pengembangan tenaga outsourcing, absensi, dan penggajian, sehingga waktu kerja Unit Sumber Daya Manusia menjadi lebih lama. Dengan panjangnya proses recruitment tenaga outsourcing dan jumlah tenaga outsourcing yang banyak, PT. Artdeco Sejahtera Abadi membutuhkan suatu sistem yang dapat mengintegrasikan proses recruitment tenaga outsourcing, pelatihan dan pengembangan tenaga outsourcing, absensi, dan penggajian.

Berdasarkan permasalahan yang ada pada PT. Artdeco Sejahtera Abadi, maka akan dilakukan perancangan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) modul human resource sub modul recruitment berbasis Odoo dengan metode Rapid Application Development (RAD). Pada saat perancangan, peneliti melakukan observasi dan wawancara dalam melakukan pengambilan data perusahaan. Setelah itu peneliti melakukan perancangan sistem berdasarkan proses bisnis saat ini dan proses bisnis yang ada pada sistem sehingga menghasilkan proses bisnis usulan. Setelah itu peneliti melakukan pengujian pada aplikasi yang telah dirancang dengan menggunakan User Acceptance Testing (UAT).

Hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem ERP modul recruitment pada Odoo yang sudah disesuaikan dengan proses bisnis yang ada di perusahaan dan terintegrasi dengan proses bisnis lainnya yang terkait dengan proses rekrutmen, sehingga dapat mempercepat jalannya proses rekrutmen dan mempermudah perusahaan untuk mengambil keputusan. Dengan diterapkannya sistem Odoo pada proses rekrutmen diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di PT. Artdeco Sejahtera Abadi.

Kata Kunci: Enterprise Resource Planning (ERP), Odoo, Recruitment, Rapid Application Development (RAD), User Acceptance Testing (UAT)

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) MODUL HUMAN RESOURCE SUBMODUL RECRUITMENT BERBASIS ODOO DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) PADA PT. ARTDECO SEJAHTERA ABADI
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILAH AMANI ALAM AULIA
Perorangan
Warih Puspitasari, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini