Perancangan Sistem Green ERP Modul Reverse Logistics Berbasis Odoo Pada Industri Penyamakan Kulit Dengan Menggunakan Metode SAP Activate (Studi Kasus:PT.ELCO)

HENNRY SYAHREZA ARIFIN

Informasi Dasar

20.04.4031
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Naiknya pertumbuhan industri kulit di Indonesia sejak tahun 2018 membuat industri ini semakin dilihat oleh pasar. Seiring dengan naiknya perkembangan industri kulit, limbah yang dihasilkan sudah tentu menjadi meningkat. PT. ELCO sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyamakan kulit (kulit domba dan kambing) mengalami peningkatan limbah baik dari proses produksi ataupun limbah berupa pengembalian barang reject dari customer. Saat ini PT. ELCO masih melakukan penginputan data barang reject secara manual. Hal tersebut menyebabkan beberapa permasalahan yaitu data barang reject yang masuk tidak dapat dilihat secara real-time dan belum adanya integrasi sistem untuk mengelola proses bisnis yang ada di perusahaan. Oleh karena itu, proses pengelolaan limbah barang reject tersebut perlu dilakukan melalui sistem agar data dapat diakses secara real-time dan proses monitoring terhadap proses perbaikan barang reject, jenis produk dan routing proses produksi dapat dilakukan secara maksimal. Sistem yang cocok untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah sistem berbasis Green Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo dengan menerapkan konsep reverse logistics yang bertujuan untuk mengelola limbah yang berasal dari pengembalian barang reject. Perancangan sistem ini menggunakan metode SAP Activate. Hasil dari penelitian ini adalah adanya rancangan sistem berbasis ERP Open Source Odoo untuk pengelolaan barang reject yang dilakukan di PT. ELCO.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

Perancangan Sistem Green ERP Modul Reverse Logistics Berbasis Odoo Pada Industri Penyamakan Kulit Dengan Menggunakan Metode SAP Activate (Studi Kasus:PT.ELCO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENNRY SYAHREZA ARIFIN
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Muhardi Saputra
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini