Peran Kemampuan Keuangan Sebagai Mediator Pendidikan Keuangan dan Kepuasan Keuangan (Studi Kasus Pada Usia Produktif D.I Yogyakarta)

ENI RAHMAWATI

Informasi Dasar

20.04.4061
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pendidikan keuangan di Daerah Istimewa Yogyakarta masih tergolong rendah, latar belakang ini dapat dilihat pada rendahnya minat menabung, tingginya cicilan dan konsumsi, tingginya pengeluaran rata-rata perkapita sebulan untuk non-makanan dan tingginya ketertarikan terhadap kartu kredit. Pendidikan keuangan mempunyai banyak manfaat untuk kesejahteraan masyarakat dalam mengatur keuangannya. Dengan masih rendahnya pendidikan keuangan pada usia produktif, peran kemampuan keuangan sebagai mediator pendidikan keuangan perlu mendapat perhatian. Pada penelitian ini akan diteliti mengenai peran kemampuan keuangan sebagai mediator pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada masyarakat usia produktif Daerah Istimewa Yogyakrta dengan jumlah 400 responden. Penelitian ini menggunakan teori Baron dan Kenny, kemudian menggunakan Sobel Z test untuk mengetahui pengaruh mediasi kemampuan keuangan dalam hubungan antara pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan. Hasil dalam penelitian ini yaitu pendidikan keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan keuangan, kemampuan keuangan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan keuangan, dan kemampuan keuangan secara parsial terbukti bahwa memediasi hubungan antara pendidikan keuangan dan kepuasan keuangan.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

Peran Kemampuan Keuangan Sebagai Mediator Pendidikan Keuangan dan Kepuasan Keuangan (Studi Kasus Pada Usia Produktif D.I Yogyakarta)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENI RAHMAWATI
Perorangan
Palti M.T. Sitorus
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini