PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING SIMULASI UNBK BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE UNTUK MTS HUSNUL KHOTIMAH

RIENESA DARMAWAN

Informasi Dasar

20.04.4062
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

MTs Husnul Khotimah merupakan salah satu sekolah yang belum dapat menyelenggarakan simulasi ujian mandiri yang fleksibel dari segi soal maupun waktu pelaksanaannya karena menggunakan aplikasi berbasis web UKPI Online dan aplikasi yang diberikan dari PUSPENDIK. Masalah dari kedua aplikasi simulasi yang digunakan ini diantaranya adalah tampilan ujian yang tidak menyerupai UNBK, soal yang tidak dapat dimodifikasi oleh guru, dan waktu pelaksanaan yang mendekati pelaksanaan UNBK.

Untuk mendukung kegiatan ujian nasional serta hasil ujian siswa MTs Husnul Khotimah, perlu dibuat e-learning simulasi UNBK dan mengukur performansi e-learning yang optimal agar siswa mendapatkan pengalaman yang menyerupai UNBK yang sesungguhnya.

E-Learning Simulasi UNBK dibuat menggunakan LMS Moodle. Setelah itu, dilakukan tinjauan pustaka dan menggunakan metode SDLC model Prototype. Perancangan E-Learning Simulasi UNBK ini juga akan diuji dan dianalisis menggunakan metode Quality of Service (QoS) dengan variabel jumlah user dan jumlah soal yang berbeda. Pada metode QoS, parameter pengujiannya adalah packet loss, delay, dan jitter. Hasil dari pengujian didapatkan indeks seluruh pengujian packet loss adalah 4 atau sangat bagus, indeks seluruh pengujian delay adalah 4 atau sangat bagus, dan indeks seluruh pengujian jitter adalah 3 atau bagus.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-LEARNING SIMULASI UNBK BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MOODLE UNTUK MTS HUSNUL KHOTIMAH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIENESA DARMAWAN
Perorangan
Yahdi Siradj, Fitri Susanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini