EVALUASI MODEL BISNIS SENTRA KERAMIK KIARACONDONG MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS

RIZKA AMALIA ZAHRA

Informasi Dasar

234 kali
20.04.4065
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sentra Keramik Kiaracondong merupakan industri rumahan yang bergerak dalam kerajinan keramik dan sudah berdiri sejak tahun 1960-an hingga sekarang. Dalam menjalankan bisnisnya saat ini, Sentra Keramik Kiaracondong mengalami beberapa permasalahan seperti penurunan penjualan yang disebabkan oleh berkurangnya peminat kerajinan keramik, kurangnya pemenuhan ketersediaan bahan baku, dan media penjualan yang belum dimanfaatkan dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan evaluasi pada model bisnis dari Sentra Keramik Kiaracondong. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan Business Model Canvas. Untuk melakukan evaluasi, data pertama yang diperlukan adalah model bisnis saat ini, di mana data untuk memetakan model bisnis tersebut dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan pemilik. Data kedua adalah data customer profile, yang dikumpulkan melalui wawancara dengan masing-masing 10 (sepuluh) responden untuk tiap segmen, dan data peta analisis lingkungan bisnis saat ini yang dikumpulkan melalui studi literatur. Ketiga data tersebut digunakan untuk melakukan analisis SWOT dan merumuskan strategi yang akan ditempuh ke depannya. Langkah berikutnya adalah menentukan value proposition dan melakukan proses pencocokan antara value proposition dan customer profile yang telah diidentifikasi, dilanjutkan dengan proses pengembangan business model canvas untuk Sentra Keramik Kiaracondong. Beberapa perbaikan penting yang diusulkan dari hasil evaluasi ini adalah: meningkatkan penjualan dengan menyasar masyarakat kelas menengah di mana dilakukan peningkatan kualitas dan variasi produk yang diikuti dengan peningkatan harga jual untuk pelanggan individu dan menyasar pelanggan korporate untuk pelanggan custom, menciptakan merek untuk memperkuat branding, meningkatkan penggunaan teknologi produksi, teknologi penjualan serta pemasaran, meningkatkan kompetensi karyawan yang dilengkapi dengan upaya aktif menerima mahasiswa seni untuk magang, serta meningkatkan hubungan baik dengan mitra.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
 

Katalog

EVALUASI MODEL BISNIS SENTRA KERAMIK KIARACONDONG MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKA AMALIA ZAHRA
Perorangan
Farda Hasun, Maria Dellarosawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini