ABSTRAK
Produk X merupakan suatu produk olahan keripik pisang dengan rasa coklat yang dihasilkan oleh UMKM Kreasi Nusantara. Selain menawarkan produk makanan ringan, Produk X juga menawarkan jasa sponsorship untuk membantu pendanaan suatu kegiatan dan konsultasi untuk pelaksanaan event tersebut. Produk X sudah berjalan sejak tahun 2017 dan saat ini mengalami penurunan volume penjualan yang berdampak pada penurunan pendapatan. Pihak perusahaan menduga bahwa penurunan penjualan terjadi karena meningkatnya persaingan baik dari produk sejenis maupun produk pengganti, cara distribusi dan jangkauan pemasaran yang belum meluas, keterbatasan sumber daya dan pengembangan produk yang masih terbatas serta kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan peluang ataupun memprediksi hambatan yang ada. Untuk mempertahankan keberlanjutan perusahaan, salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan adalah model bisnis. Agar keberlanjutan Produk X dapat dipertahankan, perlu dilakukan evaluasi atas model bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan atas model bisnis Produk X dengan menggunakan business model canvas. Untuk melakukan evaluasi model bisnis terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah pertama adalah memetakan model bisnis saat ini menggunakan business model canvas, kemudian diikuti dengan pemetaan atas customer profile dan pemetaan lingkungan bisnis yang bertujuan untuk menilai peluang dan ancaman yang berdampak pada bisnis. Ketiga data ini menjadi masukan untuk melakukan analisis SWOT guna merumuskan strategi baru dan menciptakan model bisnis usulan. Beberapa perubahan penting yang diusulkan dari penelitian ini mencakup perubahan di blok value proposition, customer relationship, channel, revenue stream, key activities dan key partnership.
Kata Kunci : Produk X, Model Bisnis, Business Model Canvas