Mahasiswa dituntut aktif dalam belajar dan diharuskan untuk melakukan belajar mandiri di luar jam perkuliahan, universitas telah menyediakan tempat untuk para mahasiswanya agar dapat melakukan proses belajar mandiri dengan fasilitas yang memadai yaitu dengan adanya perpustakaan. Setiap perpustakaan memiliki tujuan yang ingin dicapai yang dituangkan pada visi – misi perpustakaan, namun beberapa perpustakaan belum dapat memenuhi visi dan misi tersebut dan salah satunya terjadi pada perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang belum dapat mewujudkan visi dari perpustakaan itu sendiri yaitu untuk menopang kebutuhan sivitas akademika dan sebagai penyedia informasi di era globalisasi. Maka perlu dibuat perancangan ulang perpustakaan UPI agar perpustakaan dapat mewujudkan secara nyata visi mereka yang belum tercapai. metode yang dilakukan pada perancangan adalah pengumpulan data primer dengan melakukan survei, wawancara, dokumentasi dan melakukan pengumpulan data sekunder untuk pencarian literatur melalui buku, jurnal, e-book, dan tugas akhir. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teknologi dengan tema “smart technologi and environtment” dan penerapan konsep “interactive learning”.