PERANCANGAN MUSEUM TOYOTA AUTOMOBILE DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN IDENTITAS

MUHAMMAD NADZAR ASY SYAFILLAH

Informasi Dasar

137 kali
20.04.4154
747
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN MUSEUM TOYOTA AUTOMOBILE DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN IDENTITAS

Muhammad Nadzar Asy Syafillah Desain Interior, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No.1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Bandung, Jawa Barat 40257

Saat ini sebenarnya terdapat beberapa museum mobil di Indonesia yang menyajikan mobil tua/klasik sebagai propertinya. Sebagai contoh Museum Mobil Sentul yang tidak terawatt dan akhirnya di tutup, lalu Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang tidak fokus membicarakan permobilan di Indonesia. Di lihat dari orang-orang Indonesia saat ini kebanyakan menggunakan mobil keluaran dari pabrikan Jepang seperti Honda, Toyota, Nissan, dll. Dan Toyota merupakan pabrikan yang pertama masuk ke Indonesia. Kebanyakan orang belum mengetahui sejarah mengenai Toyota di Indonesia, padahal Toyota merupkan pabrikan mobil asal Jepang terbesar di Indonesia. Tujuan dari perancangan ini adalah memberikan sebuah edukasi dan informasi mengenai sejarah beridirinya Toyota di Indonesia dan memberi pengetahuan lebih dalam lagi mengenai mobil pabrikan Toyota. Dengan pendekatan identitas yang membawa brand identity dari Toyota itu sendiri sehingga menciptakan interior museum, dan memberikan fasilitas penunjang seperti simulator mobil, area interaktif, dan workshop menjadi pengalaman bagi orang yang mengunjungi museum ini. Tahapan proses perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisa, dan studi literatur mengenai museum. Setelahnya dibuat tema dan konsep sebagai jawaban permasalahan desain dan mengimplementasikannya dalam bentuk 2D dan 3D desain.

Kata kunci: Museum, Toyota, Mobil, dan Identitas ? ABSTRACT TOYOTA AUTOMOBILE MUSEUM DESIGN IN JAKARTA WITH IDENTITY APPROACH

Muhammad Nadzar Asy Syafillah Interior Design, Faculty of Creative Industries, Telkom University Jl. Telecommunications No.1, Terusan Buah Batu, Sukapura, Bandung, West Java 40257

Currently there are actually several car museums in Indonesia that present old / classic cars as their properties. For example, the Sentul Car Museum which was not maintained and finally closed, then the Transportation Museum in Taman Mini Indonesia Indah (TMII) which did not focus on discussing automotive in Indonesia. In view of the people of Indonesia today, most of them use car output from Japanese manufacturers such as Honda, Toyota, Nissan, etc. And Toyota is the first manufacturer to enter Indonesia. Most people do not know the history of Toyota in Indonesia, even though Toyota is the largest Japanese car manufacturer in Indonesia. The purpose of this design is to provide an education and information about the history of Toyota's establishment in Indonesia and to provide deeper knowledge about Toyota car manufacturers. With an identity approach that carries the brand identity of Toyota itself, creating the interior of the museum, and providing supporting facilities such as car simulators, interactive areas, and workshops is an experience for people who visit this museum. This stage of the design process includes collecting data, analyzing, and studying literature about the museum. Afterwards, themes and concepts were made as answers to design problems and implemented in 2D and 3D designs. Keywords: Museum, Toyota, Car, and Identity ?

Subjek

MUSEUM
 

Katalog

PERANCANGAN MUSEUM TOYOTA AUTOMOBILE DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN IDENTITAS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NADZAR ASY SYAFILLAH
Perorangan
Hendi Anwar, Kiki Putri Amelia
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • IDG4F6 - TUGAS AKHIR / SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini