Food and Beverage Departemen adalah bagian dari hotel yang bertanggung
jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan
lainnya untuk memenuhi kebutuhan tamu. Peran waiter/waitress merupakan
tugas seseorang yang harus melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan tanggung
jawabnya yang dibebankan untuk mencapai target kerja. seorang
waiter/waitress harus mengetahui perannya dan memiliki strategi dalam upaya
meningkatkan mutu pelayanan, sehingga tamu akan merasa senang untuk dtng
kembali. Karyawan dapat bekerja dengan baik apabila memiliki kinerja yang
tinggi sehingga akan menghasilkan kerja yang baik. Apabila karyawan
melaksanakan pelatihan sebelum bekerja, hal itu akan membatu karyawan
memiliki motivasi bekerja dengan cepat, efisien, dan akan membantu seseorang
dalam menyelesaikan tugasnya tanpa perlu menunggu perintah. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui identifikasi waiter/waitress dalam menjalankan
Standard Operating Procedures (SOP) di Kemangi Bistro Hotel Hyatt Regency
Yogyakarta dengan jenis penelitian wawancara dengan Supervisor yang ada di
Restoran Kemangi Bistro Hotel Hyatt Regency Yogyakarta, kemudian akan
dijelaskan secara sistematis materi-materi pembahasan yang berasal dari
berbagai sumber untuk kemudian dianalisis guna memperoleh hasil sebagai
kesimpulan.
Kata Kunci: Food and Beverage Departemen, peran waiter/waitress, pelatihan
kerja