Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah terbesar di dunia.
Berdasarkan FAO (Food and Agriculture Organization) pada tahun 2018, Indonesia
menduduki peringkat keempat sebagai negara penghasil rempah dunia dengan produksi
rempah mencapai 109.314 ton. Kegunaan rempah sendiri berbagai macam, dari obat-obatan,
parfum, dan yang paling umum sebagai bumbu masakan. Meski begitu, saat ini penggunaan
rempah alami sebagai bumbu masakan telah tergeser kegunaannya oleh bumbu instan.
Terdapat berbagai alasan dibalik itu, namun berdasarkan CNN dan Kompasiana, salah satu
penyebabnya adalah banyak yang tidak mengerti bentuk serta kegunaan rempah-rempah
tersebut. Maka dari itu penulis memilih untuk membuat game yang berguna untuk
mengedukasi masyarakat tentang kegunaan rempah-rempah dalam masakan sebagai projek
Tugas Akhir. Pemilihan media game didasari atas konsentrasi penulis dalam jurusan Desain
Komunikasi Visual, yaitu mutimedia - game design, serta game merupakan salah satu media
paling interaktif saat ini. Pengumpulan data riset menggunakan metode kuantitatif dan
Kuantitatif. Hasil analisis berupa wawancara dan studi pustaka penulis memberikan hasil
bahwa karakter merupakan salah satu aspek terpenting dalam game. Sehingga dalam tugas
akhir ini, penulis secara spesifik mengambil jobdesk character design. Dengan hasil akhir
karya tugas akhir berupa 9 (sembilan) karakter berdasarkan rempah-rempah yang sering
digunakan dalam memasak.
Kata Kunci: Rempah-rempah, Desain Karakter, game, masakan, bumbu instan