SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENANGANAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

RIFKY ARDI EKA SAPUTRA

Informasi Dasar

20.04.4203
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui nyamuk terutama Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan jenis penyakit yang harus diwaspadai, karena penyakit ini dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan segera. Permasalahan tersebut akibat kurangnya penanganan cepat dan tindak lanjut menyebabkan beberapa daerah di kota Bandung masih banyak yang terjangkit penyakit DBD. Dari permasalahan diatas perlu adanya sistem pengambilan keputusan penanganan demam berdarah yang ditunjukan untuk pihak Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam mengambil keputusan yang diharapkan dapat membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat dan tepat oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam menangani penyakit DBD. Pada penelitian tugas akhir ini, metode pengambilan keputusan yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan bobot dari rating kinerja pada setiap alternatif di semua atribut. Dalam kasus ini, data yang digunakan didapat dari Dinas Kesehatan kota Bandung. Sitem pendukung keputusan merupakan aplikasi berbasis web yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini juga menggunakan MySQL sebagai wadah untuk penyimpanan data. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa metode simple additive weighting ini dapat diimplementasikan dan diharapkan kedepan nya membantu merekomendasikan keputusan penanganan demam berdarah dengue kepada Dinas Kesehatan dengan hasil pengujian berupa kepuasan pengguna terhadap aplikasi dengan rata-rata sebesar 85.18%. Nilai rata-rata tersebut berasal dari total persentase dari beberapa aspek yang diantaranya adalah aspek learnability, aspek efficiency, aspek memorability, aspek error dan aspek satisfaction.

Subjek

DECISION SUPPORT SYSTEMS
 

Katalog

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENANGANAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA BANDUNG DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFKY ARDI EKA SAPUTRA
Perorangan
Roswan Latuconsina, Budhi Irawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini