PROTOTYPE LAMPU SEIN OTOMATIS PADA SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN DATA FUSION DENGAN ALGORITMA ANN (ARTIFICIAL NEURAL NETWORK)

AGUNG HIDAYATULLOH

Informasi Dasar

20.04.4204
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lampu sein merupakan suatu komponen yang wajib ada pada sebuah kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai indikator atau digunakan untuk memberikan isyarat ketika suatu kendaraan akan berbelok ketika berada di jalan. Akan tetapi masih banyak pengguna sepeda motor yang lupa mematikan lampu sein setelah selesai digunakan. Pada penelitian tugas akhir ini, dilakukan suatu perancangan prototype menggunakan sensor IMU Mpu6050, Hmc5883l dan Data Fusion serta algoritma ANN (Artificial Neural Network) untuk pengambilan keputusan dan akurasi data dari sensor saat akan mematikan lampu sein secara otomatis pada prototipe lampu sein otomatis sepeda motor. Parameter pengambilan keputusan diambil dari hasil deteksi data yang diambil saat prototipe digerakan berbelok ke kiri, kanan dan lurus. Hasil dari penelitian tugas akhir ini menunjukkan bahwa prototipe dapat menyala secara otomatis dan mati secara otomatis ketika kondisi stang prototipe sudah kembali lurus dengan tingkat keberhasilan sebesar 85% dan sistem prototipe lampu sein dapat menyala secara manual melalui push button dan mati secara otomatis ketika kondisi stang prototipe sudah kembali lurus dengan tingkat keberhasilan sebesar 100%. Kata Kunci: ANN (Artificial Neural Network), Data Fusion, Hmc5883l, IMU Mpu6050, Lampu sein, Sepeda motor.

Subjek

PROTOCOLS
 

Katalog

PROTOTYPE LAMPU SEIN OTOMATIS PADA SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN DATA FUSION DENGAN ALGORITMA ANN (ARTIFICIAL NEURAL NETWORK)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG HIDAYATULLOH
Perorangan
Surya Michrandi Nasution, Faisal Candrasyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini