Maraknya bisnis usaha brownies yang ada di Kota Bandung menimbulkan
persaingan yang ketat. Vannisa Brownies merupakan salah satu usaha brownies
yang ada di Kota Bandung, tentunya Vannisa Brownies memiliki banyak pesaing.
Saat ini generasi milenial sangat mendominasi, dengan begitu banyak perusahaan
yang menargetkan produknya kepada generasi milenial salah satunya industri
kuliner. Namun pada akhir tahun 2019 Vannisa Brownies sendiri belum
menargetkan produknya kepada generasi milenial dan akan berencana menargetkan
produknya kepada generasi milenial. Desain dinilai sebagai salah satu solusi untuk
dapat meningkatkan perkembangan suatu bisnis dalam menghadapi persaingan.
Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data melalui metode observasi
terhadap bisnis Vannisa Brownies, studi pustaka berkaitan dengan analisis bisnis
dan perancangan strategi desain, serta wawancara kepada pemilik dari usaha
Vannisa Brownies yang kemudian dianalisis menggunakan metode-metode yang
terdapat pada kerangka perancangan strategi desain, mulai dari analisis eksternal
hingga analisis internal perusahaan seperti analisis PEST, Porter’s 5 Forces, PLC,
desain audit, dan analisis SWOT. Setelah menganalisis penulis melakukan
perancangan strategi desain yang mencakup strategi perusahaan, diantaranya media
promosi dan inovasi desain. Dengan adanya Tugas Akhir ini diharapkan dapat
membantu Vannisa Brownies dalam menentukan strategi desain yang tepat guna
meningkatkan perkembangan bisnisnya sehingga mampu bersaing di tengah
ketatnya persaingan.
Kata kunci: Strategi Desain, UMKM, Strategi Promosi, Brownies, Vannisa
Brownies