REPRESENTASI DELUSI PENDERITA SKIZOFRENIA PADA TOKOH JOHN NASH DALAM FILM “A BEAUTIFUL MIND”

RIZKI PATRIATIKA GUSTIN

Informasi Dasar

20.04.4265
401.41
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Gustin, Rizki Patriatika. 2020. Representasi Delusi Penderita Skizofrenia Pada Tokoh John Nash Dalam Film ”A Beautiful Mind”. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif. Universitas Telkom.

Penelitian ini mengangkat topik tentang film yang mengangkat permasalahan delusi pada penyakit kejiwaan yaitu skizofrenia. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan pendekatan semiotika John Fiske untuk menganalisis objek penelitian. Dalam penelitian ini semiotika berhubungan dengan visualisasi ciri-ciri dan gejala yaitu delusi pada individu yang mengidap penyakit skizofrenia secara tindakan yang dia lakukan pada dirinya sendiri dan orang lain atau lingkungan di sekitarnya. Penulis menganalisis data dengan mengambil sampel adegan perscene dalam film yang discreenshot, kemudian dipilih beberapa adegan pokok sebagai fokus dari penelitian. Kemudian data disajikan untuk memaparkan hasil representasi dengan teori John Fiske yang dibagi oleh 3 level menurut Fiske yaitu level relitas, level representasi dan level ideologi¬¬, . Langkah terakhir adalah kesimpulan yang bersifat sementara, dan dapat berubah jika tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada film “A Beautiful Mind”, delusi dimaknai dengan ditampilkannya sosok teman khayalan yang hanya bisa dilihat oleh tokoh John Nash. Hal tersebut didapat dari penjabaran pada level realitas (tampilan, tingkah laku, ekspresi dan cara berbicara), level representasi (kamera, musik, dan suara), dan level ideologi dari delusi yang ditampilkan oleh tokoh John Nash. Kesimpulan dari penelitian ini adalah film”A Beautiful Mind” memaknai delusi pada tokoh adalah penampilan sosok teman khayalan yang hanya bisa dilihat oleh tokoh John Nash yang menunjukan nilai individualisme

dan rasionalisme terhadap delusi tersebut. Dengan adanya sosok Johhn Nash di tengah film Hollywood yang mendunia, maka sosok ini dapat menjadi contoh atau referensi makna delusi bagi orang-orang yang menontonnya.

Kata kunci: Representasi, Delusi, Skizofrenia

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPRESENTASI DELUSI PENDERITA SKIZOFRENIA PADA TOKOH JOHN NASH DALAM FILM “A BEAUTIFUL MIND”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI PATRIATIKA GUSTIN
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini