PERANCANGAN CONCEPT ART “THE LITTLE WITCHES PARAHYANGAN” UNTUK MENGENALKAN TOKOH-TOKOH MITOS DI JAWA

SYIFA NURRAHIMA

Informasi Dasar

20.04.4266
306.07
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Syifa Nurrahima. 2020. Perancangan Concept Art “ The Little Witches Parahyangan” Untuk Mengenalkan Tokoh-Tokoh Mitos Di Jawa. Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultar Industri Kreatif. Universitas Telkom.

Pembuatan concept art “The Little Witches Parahyangan” merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada generasi muda yang kurang mengetahui keberadaan mitos-mitos yang ada di Indonesia. Pentingnya menjaga kelestarian budaya sebagai salah satu jati diri bangsa namun generasi muda yang merupakan salah satu penerus bangsa kurang tertarik kepada budaya sendiri karena adanya pengaruh budaya asing. Maka dari itu, diperlukan metode menarik seperti mencampurkan kedua budaya untuk mengenalkan mitos di Indonesia dengan mengambil beberapa tokoh mitos di Jawa seperti Nyi Roro Kidul, Dewi Sri dan Banaspati. Dengan memfokuskan khalayak sasar kepada generasi muda, perancangan kemudian akan terfokuskan dalam pembuatan concept art karakter dan environment tentang tokoh-tokoh mitos di Jawa yaitu Nyi Roro Kidul, Dewi Sri dan Banaspati. Penelitian menggunakan pendekatan kalitatif dengan metode studi kasus dan pengumpulan data dari studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian akan membuahkan sebuah perancangan berupa concept art karakter dan environment dengan cerita petualangan seorang penyihir yang akan mengenalkan satu persatu tokoh tesebut, kemudian hasil perancangan akan ditampilkan dengan media artbook yang dapat di jadikan sebuah media lainnya di kemudian hari.

Kata Kunci : Concept art, Karakter, Environment, Generasi Muda, Mitos, Budaya, Nyi Roro Kidul, Dewi Sri, Banaspati, Jawa, Artbook.

Subjek

CULTURE OF JAVA
 

Katalog

PERANCANGAN CONCEPT ART “THE LITTLE WITCHES PARAHYANGAN” UNTUK MENGENALKAN TOKOH-TOKOH MITOS DI JAWA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA NURRAHIMA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini