Penyakit asma atau asthma adalah penyakit kronis jangka panjang yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan pada saluran pernafasan sehingga menimbulkan sesak nafas. Di Kota Bandung sendiri menurut data dari Dinas Kesehatan Kota Bandung pada 2017, jumlah kasus penyakit asma adalah sebanyak 8.333, dimana dengan kasus kematian sebanyak 68 kasus. Di tahun 2018 kasus penyakit asma meningkat menjadi 12.332 kasus, dimana 127 kasus di antaranya berujung pada kematian. Permasalahan ini timbul karena kurangnya edukasi dan informasi kepada masyarakat mengenai penyebab, cara mencegah dan mengatasi penyakit asma ini, perlu dilakukan perancangan kampanye yang memberikan edukasi serta solusi bagaimana cara mengatasi penyakit asma kepada target audiens. Untuk dapat merancang kampanye dan media yang digunakan, maka dilakukan observasi, wawancara serta studi pustaka sebagai metode untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai konsep pembuatan karyanya. Teori kampanye, teori desain komunikasi visual, teori komunikasi dan teori strategi komunikasi dalam kampanye digunakan untuk membantu perancangan strategi kampanye 4P. Setelah mendapatkan berbagai data, maka yang dihasilkan dari perancangan strategi periklanan ini berupa logo, tagline, maskot, poster, leaflet, sosial media, ambient media serta iklan TVc. Dimana dengan adanya perancangan strategi kampanye atasi asma dengan 4P ini, masyarakat luas dapat mengetahui adanya bahaya dan dampak dari penyakit asma serta mengetahui cara mengatasinya, sehingga berdampak pada menurunya angka pasien dan kematian akibat asma.