PENGEMBANGAN SISTEM ERP GREEN PROCUREMENT MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO UNTUK INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT DENGAN METODE SAP ACTIVATE ( STUDI KASUS PT. ELCO INDONESIA SEJAHTERA )

MAHSYA FAJRIANI

Informasi Dasar

20.04.4346
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Populasi yang tinggi dan produksi ternak di Garut merupakan awal mula perkembangan dari industri penyamakan kulit, dan sekarang industri penyamakan kulit merupakan sektor terbesar di Indonesia. Industri penyamakan kulit memiliki potensial untuk mencemari lingkungan. PT. Elco Indonesia Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyamakan kulit di Garut, Jawa Barat, Indonesia. PT. Elco Indonesia Sejahtera menghasilkan produk seperti garments, gloves dan beberapa kerajinan kulit lainnya.

PT. Elco Indonesia Sejahtera masih menghadapi beberapa masalah dalam menjalankan aktifitas bisnisnya, PT. Elco Indonesia Sejahtera tidak memiliki sistem yang mendukung untuk berjalannya aktifitas bisnis di perusahaan seperti dalam melakukan permintaan material yang dilakukan secara lisan dari bagian produksi ke bagian pembelian, lalu pembelian material yang dilakukan secara manual dengan memberikan list material yang akan dibeli ke supplier, dan juga penggunaan kertas sebagai dokumentasi dalam melakukan transaksi maupun reporting. Dalam melakukan pengadaan, PT. Elco Indonesia belum memperhatikan standarisasi ramah lingkungan. Dengan green procurement dapat melakukan pengadaan barang maupun seleksi supplier sesuai dengan standarisasi ramah lingkungan.

Dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi untuk Green Procurement dengan aplikasi Odoo menggunakan metode SAP Activate. Hasil dari penelitian ini adalah sistem ERP yang terintegrasi dalam menjalankan proses pengadaan untuk PT. Elco Indonesia Sejahtera dengan standarisasi ramah lingkungan dalam pengadaan material dan pemilihan supplier.

Kata Kunci : ERP, Procurement, Green SCM, Odoo, SAP Activate

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM ERP GREEN PROCUREMENT MENGGUNAKAN APLIKASI ODOO UNTUK INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT DENGAN METODE SAP ACTIVATE ( STUDI KASUS PT. ELCO INDONESIA SEJAHTERA )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAHSYA FAJRIANI
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini