Abstrak
Hadirnya televisi lokal ini diharapkan mampu menyeimbangi arus televisi swasta nasional, terutama memberikan informasi dan membawa perubahan positif serta mengangkat budaya lokal. Meski saat ini TV lokal sudah jarang di dengar dan sudah banyak yang hilang dikarenakan SDM dan alat yang terbatas tetapi Radar TV tetap semangat dalam membangun kebudayaan dan informasi positif untuk masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh stasiun tv lokal Radar TV Tasikmalaya dalam mempertahankan eksistensinya, dalam menganalisis melalui strategi program, strategi pemasaran, strategi menarik audiens, dan strategi sumber daya manusia. Radar TV Tasikmalaya merupakan televisi lokal yang masih bertahan di Kota Tasikmalaya dengan menyajikan informasi yang proporsional, seimbang, dan berbudaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menghasilkan data deskriptif yang berupa ucapan dan tulisan. Maka didapatkan hasil mengenai gambaran strategi TV lokal dalam mempertahankan eksistensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radar TV mempunyai cara sendiri dalam mempertahankan eksistensinya dengan memanfaatkan SDM yang berkualitas dengan jumlah minimum, sehingga dapat disimpulkan dengan jumlah SDM yang minimun juga mempunyai pekerjaan ganda maka bisa dikatakan Radar TV Tasikmalaya dapat bertahan hingga saat ini.
Kata kunci: Strategi penyiaran, Televisi Lokal, Eksistensi