ABSTRAK
Internasionalisasi UMKM saat ini merupakan peluang yang besar bagi UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Internasionalisasi UMKM adalah upaya atau kondisi yang berkaitan baik dengan produk maupun kegiatan bisnis UMKM yang memasuki atau terintegrasi dengan pasar internasional. Berbagai jenis UMKM sudah semakin berkembang di Indonesia, salah satunya adalah bisnis kuliner di Indonesia. Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Hal tersebut dilihat dari banyaknya jenis usaha-usaha kuliner yang mulai berkembang, salah satunya adalah bisnis kuliner Rumah Makan Padang. Untuk mengembangkan bisnis kuliner diperlukan beberapa cara agar dapat mencapai pasar internasional seperti inovasi, lingkungan bisnis dan proses internasionalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses internasionalisasi dari Restoran Sederhana. Metode pengumpulan data yang dilakukan secara kualitatif melalui observasi lapangan,
wawancara dan dokumentasi pada proses wawancara terhadap 3 narasumber.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah quota sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan
analisis eksploratif kemudian diolah menggunakan tools analisis data kualitatif
Atlas.ti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa didalam proses internasionalisasi pada Restoran Sederhana dapat berjalan dengan baik karena ada beberapa indikator didalam Inovasi, Lingkungan Bisnis dan Internasionalisasi sehingga dapat memepengaruhi proses internasionalisasi pada Restoran Sederhana berjalan dengan baik sesuai dengan keinginin yang dituju.
Kata Kunci: Internasionalisasi, Inovasi, Lingkungan Bisnis