PERANCANGAN ASET VISUAL GAME "JUMANGKRING" UNTUKR MENGENALKAN WEDANG

FIDIA SUTRISNO DEWI

Informasi Dasar

51 kali
20.04.4439
006.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Angkringan merupakan sebuah perangkat penting untuk membangun kohesi sosial bagi paguyupan Jogja dan sekitarnya. Dengan bangku yang menyapit gerobak, pengunjung duduk berhadapan dan berimpitan. Konsep ruang seperti ini dapat menghapus sekat-sekat sosial. Paguyuban antara pedagang dan pengunjungmudah terikat diawali dengan basa-basi hingga berbincang dengan siapa saja, mengenai apa saja sembari menikmati wedang dan kudapan khas angkringan. Namun kearifan lokal semacam ini tidak menarik bagi kebanyakan kalangan remaja, tergeser dengan zaman karena gaya hidup. Hal ini terjadi karena wedang identik dengan kuno dan kurangnya wawasan tentang khasiat wedang. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perkembangan game saat ini pengetahuan tentang wedang dapat disampaikan melalui game casual yang berfokus pada aset visualnya. Perancangan aset visual dari game yang mengangkat tema wedang ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali rasa kearifan lokal yang mulai pudar dan memberikan pemahaman tentang wedang kepada kalangan muda. Metode observasi digunakan pada beberapa angkringan untuk mendapatkan data kebutuhan konsep visual, seperti mengamati suasana angkringan mulai dari peralatan/properti khas dari tempat tersebut, serta mengamati pengunjung angkringan yang memiliki karakteristik beragam.

Kata kunci : Angkringan, Wedang, Aset Visual, Kearifan Lokal

Subjek

VIDEO GAMES-DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN ASET VISUAL GAME "JUMANGKRING" UNTUKR MENGENALKAN WEDANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIDIA SUTRISNO DEWI
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini