PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN ALIGN PLAN And ORGANISE (APO)

MUHAMMAD NAUFAL BUTAR BUTAR

Informasi Dasar

20.04.4582
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kota Cimahi (Diskominfoarpus) merupakan instansi pemerintah yang menyelenggarakan urusan pemerintah dan mempunyai tugas di bidang Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian. Dinas tersebut mempunyai misi meningkatkan kualitas penerapan tata kelola pemerintahan melalui peningkatan layanan, meliputi layanan informasi, layanan komunikasi publik, layanan statistik dan penyelenggaraan egovernment. Untuk mencapai misi tersebut dibutuhkan penyusunan tata kelola yang baik pada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pada Penelitian ini dilakukan assessment indikator SPBE dan assessment proses COBIT 5 terhadap kondisi saat ini pada Diskominfoarpus. Berdasarkan hasil assessment ditemukan beberapa permasalahan seperti belum adanya kebijakan yang mengatur tata kelola TI, pembuatan perjanjian kerja, serta belum terdapat aplikasi yang mendukung saling mendukung dalam proses tata kelola TI. Perancangan tata kelola TI menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada APO01 Manage the IT Management Framework, APO06 Manage Budget and Costs, dan APO07 Manage Human Resources. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa Diskominfoarpus memerlukan perancangan tata kelola TI untuk meningkatkan kualitas layanannya. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi people, rekomendasi process dan rekomendasi technology berupa dokumen perancangan yang dapat di terapkan di Diskominfoarpus.

Subjek

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 DOMAIN ALIGN PLAN And ORGANISE (APO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD NAUFAL BUTAR BUTAR
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, IQBAL SANTOSA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini