Sistem Pengawasan dan Peringatan Kendaraan Bermotor di Persimpangan Jalan

REKY WANDA PRASETYANA

Informasi Dasar

20.04.4595
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kendaraan bermotor merupakan suatu alat transportasi yang digunakan oleh mayoritas orang, karena dengan kendaraan bermotor perjalanan jauh dapat ditempuh dalam waktu singkat. Dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor maka dibuatlah sebuah sistem. Sistem merupakan kumpulan dari suatu perangkat yang secara teratur saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya sehingga membentuk fungsi yang baru. Suatu sistem sangatlah penting diterapkan dalam berbagai hal dan bidang sehingga dengan sistem kita dapat mengawasi dan mengendalikan suatu keadaan tertentu.

Sistem yang mengatur kendaraan bermotor adalah Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan, hal ini bertujuan agar para pengendara bermotor menjadi lebih tertib dan teratur terutama ketika di persimpangan jalan, akan tetapi masih banyak orang yang masih melanggarnya sehingga menyebabkan risiko kecelakaan. Dengan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian sistem ini agar para pengendara bermotor menjadi lebih tertib dan berhati-hati ketika sedang berada di persimpangan jalan sehingga menurunkan risiko kecelakaan.

Pembuatan sistem pengawasan dan peringatan kendaraan bermotor di persimpangan jalan ini menggunakan sebuah prototype, kamera akan dipasang seolah-olah berada di atas persimpangan jalan kemudian hasil kamera tersebut akan di olah menggunakan metode image processing untuk mendeteksi kendaraan bermotor yang melewati batas pemberhentian lampu merah yang kemudian akan ada sebuah peringatan ketika ada kendaraan yang melewati batas pemberhentian lampu merah tersebut. Dengan menerapkannya sistem ini di persimpangan jalan diharapkan dapat membuat para pengendara kendaraan bermotor menjadi lebih berhati-hati dalam berkendara sehingga menurunkan angka kecelakaan. Kata kunci—sistem pengawasan dan peringatan, kendaraan bermotor, image processing, computer vision

Subjek

ELECTRIC ENGINEERING
 

Katalog

Sistem Pengawasan dan Peringatan Kendaraan Bermotor di Persimpangan Jalan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REKY WANDA PRASETYANA
Perorangan
MOHAMAD RAMDHANI, AHMAD SUGIANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini