PERANCANGAN MESIN PENGERING PLASTIK CACAH MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN PRODUK RASIONAL UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PLASTIK CACAH KERING (STUDI KASUS BANK SAMPAH INDUK HIJAU LESTARI)

RATIH NURSANDRA DEWI

Informasi Dasar

20.04.4602
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bank Sampah Induk Hijau Lestari merupakan UMKM yang menghasilkan plastik cacah kering dengan alur produksi mulai dari proses pemilahan, proses pencacahan, proses pencucian, proses pengeringan, dan proses pengemasan. BSI Hijau Lestari dapat mencacah plastik menggunakan mesin cacah sebesar 4000 kg/bulan (168 kg/hari), tetapi proses pengeringan hanya mampu menghasilkan 1000 kg/bulan plastik cacah kering, sehingga terdapat gap antara produksi hasil mesin pencacah dan proses pengeringan. Gap disebabkan adanya antrean atau waktu menunggu selama 5 hari yang disebabkan oleh proses pengeringan plastik cacah sebesar 168 kg dibutuhkan waktu selama 5 hari. Analisis dari diagram fishbone menunjukkan bahwa BSI Hijau Lestari memerlukan alat bantu dalam proses pengeringan yang dapat meningkatkan hasil plastik cacah kering. Penelitian dilakukan untuk merancang mesin pengering usulan dengan menggunakan metode Rasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data primer dan sekunder. Data primer berupa kadar air, massa jenis, volume plastik cacah, sedangkan data sekunder berupa jenis sistem pengeringan. Sistem pengeringan yang terpilih adalah rotary dryer. Rotary dryer adalah mesin pengering berbentuk tabung diletakkan secara horizontal dengan gerakan memutar. Rotary dryer mampu menghasilkan plastik cacah kering sebanyak 168 kg dalam dua kali produksi dengan waktu total 4 jam.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERANCANGAN MESIN PENGERING PLASTIK CACAH MENGGUNAKAN METODE PERANCANGAN PRODUK RASIONAL UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PLASTIK CACAH KERING (STUDI KASUS BANK SAMPAH INDUK HIJAU LESTARI)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RATIH NURSANDRA DEWI
Perorangan
SRI MARTINI, YUSUF NUGROHO DOYO YEKTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini