Simulasi dan Analisis Penerimaan Sinyal Automatic Dependent Surveillance-Broadcast dengan Satelit Orbit Rendah

TAZAKKA VIDDIEN CAYA

Informasi Dasar

21.04.033
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Automatic Dependent Surveillance-Broadcast (ADS-B) adalah teknologi pengawasan lalu lintas udara yang dapat mengirimkan informasi posisi, ketinggian, kecepatan, dan identitas pesawat secara periodik dari pesawat menuju stasiun bumi ataupun pesawat lain. Namun, kinerja ADS-B terhalau oleh kendala geografis, maka dari itu dibutuhkan sistem penerima sinyal ADS-B berbasis satelit yang dapat menerima sinyal ADS-B tanpa terhalau kendala geografis.

Telah dibuat model komunikasi uplink antara penerima sinyal ADS-B yang diletakkan pada satelit orbit rendah dengan pesawat udara sebagai pemancar sinyal ADS-B. Pembuatan model simulasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas komunikasi ADS-B pada satelit orbit rendah dengan cara melhat nilai Bit Error Rate (BER) berdasarkan pola radiasi antena yang digunakan. Simulasi dilakukan menggunakan 2 jenis antena dalam 8 skenario yang berbeda untuk menunjukkan kualitas penerimaan sinyal ADS-B menggunakan satelit orbit rendah dalam kondisi yang berbeda.

Pada penelitian ini, didapatkan BER untuk sistem penerima ADS-B dengan antena mikrostrip yang memiliki gain 1,22 dB, rata-rata BER berada pada rentang 0,0073-0,0074. Sedangkan antena mikrostrip yang memiliki gain 5,05 dB, rata-rata BER berada pada rentang 3,4741×10-6 sampai 3,8964×10-6. Dari kedua hasil tersebut antena dengan gain 1,22 dB berada jauh di bawah BER yang direkomendasikan, dan antena dengan gain 5,05 dB berada sedikit di atas BER yang direkomendasikan. Sehingga, perlu dilakukan optimasi pada pada kedua antena untuk beroperasi pada sistem penerima ADS-B dengan baik.

Kata Kunci : ADS-B, System-Level Simulation, Low Earth Orbit, Satellite, Bit Error Rate

Subjek

Transmission systems
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Penerimaan Sinyal Automatic Dependent Surveillance-Broadcast dengan Satelit Orbit Rendah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TAZAKKA VIDDIEN CAYA
Perorangan
Budi Syihabuddin, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini