Rancang Bangun Alarm Gempa Menggunakan Geophone Berbasis Artificial Neural Network

IRMY ANUGERAH

Informasi Dasar

21.04.045
006.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana alam gempa bumi. Korban jiwa yang terjadi akibat bencana ini pun tergolong tidak sedikit. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai hal apa saja yang harus dilakukan saat gempa bumi tersebut terjadi. Untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang diakibatkan oleh gempa bumi, maka diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi getaran gempa.
Peneliti merancang sebuah alarm gempa yang menggunakan geophone sebagai pendeteksi adanya getaran tanah. Artificial Neural Network akan mengklasifikasikan apakah getaran yang terdeteksi tergolong gempa atau bukan gempa. Kemudian hasil dari geophone akan disuarakan melalui speaker dan akan memberikan informasi mengenai skala gempa yang terjadi berdasarkan skala MMI  dan juga memberikan informasi melalui speaker yang telah terhubung dengan modul DF MP3 Player mengenai tindakan yang harus dilakukan saat gempa terjadi. 

Pada tugas akhir ini didapatkan bahwa sensor geophone yang digunakan dapat mendeteksi getaran tanah sehingga alat ini berhasil mendeteksi getaran gempa dan mengukurnya menggunakan skala MMI. Skala yang terdeteksi saat melakukan uji alat ialah skala V (lima) sampai X (sepuluh) MMI. Intensitas suara dari alarm gempa yang dapat didengar berada di 74 sampai 78 dBA pada jarak 30 meter dan 67 sampai 69 dBA pada jarak 60 meter.

Kata Kunci : Artificial Neural Network, Gempa bumi, Getaran, Alarm Gempa, Sensor Geophone, Modul DF MP3 Player

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

Rancang Bangun Alarm Gempa Menggunakan Geophone Berbasis Artificial Neural Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRMY ANUGERAH
Perorangan
RIZKI ARDIANTO PRIRAMADHI, WILLY A. CAHYADI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini