Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk mencapai Sustainable
Development Goals 2030 (SDGs 2030) sebagai tempat mendidik sumber daya manusia
yang memiliki pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi pandangan Mahasiswa terhadap Sustainable Development Goals
Center (SDGs Center) yang dibuat oleh BAPPENAS (Badan Perencanaan
Pembangunan Nasional) di Institut Teknologi Bandung (ITB). Melalui pendekatan
mixed method, penelitian ini mengidentifikasi perspektif perwakilan Mahasiswa ITB
yakni Presiden Mahasiswa dan Kepala Kementrian Komunikasi Kreatif dan Informasi
KM ITB, serta melalui kuesioner yang diisi oleh Mahasiswa ITB.
Institut Teknologi Bandung memiliki enam tujuan SDGs 2030 yang menjadi
fokus SDGs Center. Penelitian ini berfokus pada SDG 4 “Quality Education” yang
selaras dengan fokus BAPPENAS yang dijabarkan pada Voluntary National Reviews
2019, dan kedudukan Institut Teknologi Bandung sebagai institusi pendidikan formal.
Penelitian ini penting dilakukan untuk memberikan suatu gambaran dan masukan bagi
SDGs Center lain, maupun Perguruan Tinggi yang belum memiliki SDGs Center, serta
dalam rangka mengawal SDGs Center yang berkontribusi untuk dapat mencapai SDGs
2030.
Mahasiswa menyatakan bahwa Quality Education adalah hal yang sangat
penting di ITB. Terlihat dari bagaimana organisasi Mahasiswa dan ITB yang memiliki
program dalam mempersiapkan hal tersebut. Namun, program ataupun tugas pokok
dan fungsi yang dimiliki SDGs Center ITB dinilai belum terlihat. Pandangan
Mahasiswa yang diidentifikasi memberikan hasil bahwa SDGs Center ITB masih
belum memiliki belum memiliki wujud nyata bagi Mahasiswa ITB, serta diharapkan
bahwa SDGs Center ITB lebih banyak melibatkan Mahasiswa untuk berkontribusi
mencapai SDGs 2030 bersama.
Kata Kunci: SDGs 2030, Perguruan Tinggi, SDGs Center, Mahasiswa, ITB