Perancangan Sistem Pelacakan Lokasi Aset pada Area Pembangunan Menggunakan Lo-Ra dan Protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT)

CAHYONO ROMADLONI ALIFIAN

Informasi Dasar

21.04.073
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembangunan infrastruktur saat ini banyak dilakukan untuk memajukan suatu wilayah atau daerah. Dalam pembangunan infrastruktur di area yang luas, perusahaan pengelola menyediakan banyak aset termasuk alat berat dalam mengerjakan pembangunan. Aset ini sangat penting untuk melancarkan kegiatan pembangunan infrastruktur. Untuk menyelesaikan masalah diatas, pada penelitian kali ini dirancang alat yang dapat melacak posisi lokasi dari aset berbasis LoRa dan GPS menggunakan protokol MQTT. Penggunaan GPS untuk mengetahui posisi koordinat aset. Sedangkan LoRa digunakan untuk memaksimalkan jarak pelacakan aset dan meminimalisirkan biaya yang digunakan.Untuk protokol MQTT digunakan sebagai protokol pengiriman data dari Gateway ke Cloud Antares. Penelitian ini telah melakukan eksperimen komprehensif untuk mendapatkan hasil optimal dari penggunaan LoRa dan GPS. Dari hasil pengujian perbandingan presisi gps pada alat dan lokasi sebenarnya total rata rata error adalah 4.97m. Dimana tingkat error paling rendah adalah 0.3m. Kemudian hasil pengujian berdasarkan jarak, LoRa dapat mengirimkan data hingga 900 m pada SF9 dengan nilai RSSI – 117, PDR 20% dan PER 0% dalam kondisi LOS.

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

Perancangan Sistem Pelacakan Lokasi Aset pada Area Pembangunan Menggunakan Lo-Ra dan Protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CAHYONO ROMADLONI ALIFIAN
Perorangan
Maman Abdurohman, Aulia Arif Wardana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini