Perkembangan kuliner di kota bandung terbilang sangat pesat, restoran dan
cafe dengan berbagai macam konsep dan ciri khas sangat mudah ditemukan di setiap
sudut kota bandung. Hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha bisnis termasuk bisnis
kuliner. Tetapi hal ini juga menjadi salah satu faktor ketatnya tingkat persaingan bisnis
antar industri di kota Bandung. Persaingan bisnis kuliner semakin ketat dengan
banyaknya artis dan influencer yang terjun dalam sektor bisnis ini.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari faktor yang mempengaruhi konsumen
Ngikan Yuk Kota Bandung dalam melakukan keputusan pembelian. Permasalahan
tersebut didasari dengan hasil pra survei yang menunjukkan bahwa frekuensi
konsumen dalam melakukan pembelian pada gerai Ngikan Yuk di Kota Bandung
setengahnya hanya pernah melakukan pembelian Ngikan Yuk sebanyak satu kali.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian Ngikan Yuk Kota Bandung. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan kausal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer melalui kuisioner dan sekunder data dari buku, catatan, atau artikel. Populasi
dalam penelitian adalah pembeli Ngikan Yuk di kota Bandung. Dalam penelitian ini
menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah responden sebanyak 100
responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image dan kualitas produk
pada kategori sangat baik. Hasil analisis resgresi linier berganda menunjukkan bahwa
variabel brand image dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian sebesar 76,4% dan sisanya sebesar 23,6% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.
Kata kunci : Brand Image, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk.