ABSTRAK
ANALISIS PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI PEMASARAN KORAN JAWA POS MENGGUNAKAN TOGAF ADM
Oleh
ADHITYO RIZKI NUGROHO
NIM : 1106130157
Jawa pos adalah surat kabar harian yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Jawa Pos merupakan harian terbesar di Jawa Timur, dan merupakan salah satu harian dengan oplah terbesar di Indonesia. Sirkulasi Jawa Pos menyebar di seluruh Jawa Timur, Bali, dan sebagian Jawa Tengah dan di Yogyakarta. Jawa Pos mengklaim sebagai “harian nasional yang terbit dari Surabaya”. Proses bisnis yang ada pada Jawa Pos sudah sangat kompleks. Namun belum seluruh prosesnya bisnisnya terintergrasi menggunkan teknologi Informasi, dengan demikian penulis menawarkan agar Jawa Pos dapat menerapkan system informasi, agar Jawa Pos sendiri dapat bersaing dengan perusahaan lain, maka diperlukan perancangan enterprise architecture terutama untuk Fungsi Pemasaran Koran pada Jawa Pos menggunakan TOGAF ADM. Salah satu cara untuk menyelaraskannya dibutuhkan suatu perancangan arsitektur sistem informasi (enterprise architecture) dengan framework untuk membuat perancangan sistem informasi jangka panjang yang tepat. Karena itu penulis memilih menggunakan kerangka kerja (framework) The Open Group of Architecture atau yang selanjutnya disingkat menjadi TOGAF dengan metode architecture development method atau yang selanjutnya disebut ADM. Berdasarkan hasil dari perancangan EA pada fungsi pemasaran koran Jawa Pos, menghasilkan artefak berupa Matrix, Diagram dan juga Katalog.Untuk hasil dalam Perancang ini, karena terkendalanya waktu sehingga fase hanya dikerjakan hingga teknologi architecture, yang mana usulan perancangan EA ini agar dapat dipertimbangkan menjadi acuan dalam perencanaan dan perancangan TI perusahaan.
Kata Kunci : TOGAF ADM, Fungsi Pemasaran Koran, Jawa Pos